take it easy, so life will be

Menyadari bahwa saat ini saya hanya ingin membuat hidup saya terasa lebih fun, maka sayalah yang harus membuatnya seperti itu. It's no kidding, you are what you want, you are what you say, you are what you eat, and you are what you be.

27 June 2008

berita

Berita dari teman-temanku...
Ada yang udah diterima di salah satu PTN dari sekian ujian masuk PTN yang diikutinya.
Ada yang diterima di 2 PTN.
Ada yang... belum diterima di PTN dari semua ujian masuk PTN yang diikutinya.
Hmm...
'Why' is the question.
Menurut gw mereka sama-sama belajar.
Sama-sama berdoa.
Apa yang membedakan?
Hoki-kah?
Lalu... apa yang menentukan hoki seseorang?
Gw sendiri... emang dulu sempet mikirin masuk UI? Waktu mau masuk SMA aja gw nggak tau mau masuk mana, nggak tau mana SMA yang bagus. Masuk SMA cuma becanda2 aja sama kawan pengen masuk UI, tanpa sadar bahwa kemudian itu menjadi sesuatu yang ternyata nggak gampang begitu gw udah jadi murid kelas XII. Masuk UI? Agak-agak... kayak mimpi.
Jadi... waktu akhirnya dimotivasi kawan untuk coba PMDK UI, yang tidak gw rencanakan sejak dulu, jadilah gw mendaftar. Setelah itu entah kenapa gw merasa kalo bisa masuk PMDK UI, itu adalah sesuatu yang sangaaat baik bagi kelangsungan masa kuliah gw. Untunglah pas2an gw udah menaruh hati (alias memutuskan dengan mantap) untuk memilih jurusan komunikasi.
Gw sendiri nggak yakin bisa masuk UI kalau masuk jalur SPMB (SNMPTN). Gw nggak yakin bisa. Saingannya se-Indonesia, dan gw nggak sepintar itu.
Maka nyokap gw sering ngomong "Kamu, tuh, bertuntuuung banget bisa masuk UI lewat PMDK".
Memang. Beruntung. Hoki. Keberuntungan yang baik.
Apa yang menentukan itu?
I would say... your 'heart' is the answer.
Kenapa hati?
Karena... saat lo udah menaruh hati pada suatu hal yang benar-benar lo inginkan, itu akan menjadi mimpi di alam bawah sadarlo. Dream, yang akan lo inget setiap hari, lo minta tiap kali lo berdoa, lo makin inginkan dari waktu ke waktu. Yang akan menjadi gelombang yang akan kembali lagi ke kita.
Fokus. Focus on what you really want to.
You hearted it. You focus on it.
Itulah yang gw alami.
Resikonya bisa menjadi kekecewaan yang besar. Tapi bukan berarti kita menjadi terpuruk sedalam-dalamnya. Karena kita... manusia, belajar dari kesalahan. Kita memperbaiki kesalahan2 tersebut dan berusaha sambil tetap men'dream'kan apa yang kita ingin capai.
Seorang kawan yang memilih kedokteran karena orang tuanya. Namun hatinya ada pada bidang lain. Dan dia berbakat di bidang itu.
Seorang kawan yang (mungkin) salah pilih. Karena ia tidak mendapatkan pengarahan bahwa pendidikan itu juga haruslah menjadi investasi yang akan balik modal ke kita dan tetap harus dipikirkan masak-masak (tentang apa yang akan kita lakukan dengan ilmu tersebut?) sambil tetap men'dream'kannya.
Seorang kawan... yang gw masih belum tahu ke mana hatinya ia berikan untuk PTN. Untuk kelanjutan kuliahnya dan karirnya. Tapi... dia harus menyadari bahwa ada 'skill', bakat yang sebenarnya mungkin bisa terlihat ada dalam dirinya. Harusnya ia kembangkan bakat itu sembari menunggu 'dream' miliknya.
Usaha tanpa sebuah mimpi belum ada artinya. Begitu pula mimpi tanpa usaha dan pemikiran yang masak.
Harus realistis, harus juga idealis.
Semuanya harus seimbang.
Gw harap kawan2 gw segera menemukan 'dream'-nya. Sehingga mereka akan segera tahu jalan mana yang harus ditempuh untuk mencapainya.
For all my friends, keep fighting.


"Bermimpilah, karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi itu" - Arai (Sang Pemimpi; tetralogi Laskar Pelangi) -

4 comments:

presy__L said...

jadi masuk komunikasi UI ?? hihiy keren euy..

klo berdoa sama tuhan minta jalan yang terbaik si pasti ditunjukkin yg bener. gw juga dulu ga minat masuk akun, tapi ternyata yg Tuhan kasi ke gw itu bener bgt jalannya..

selamat jadi mahasiswi !!

fiEkHa said...

Tengkyuu...

Smoga yg lain juga tetep semangat, ya!

Apapun yg dikasih sm Tuhan, gw mdoakan kalian sukses selalu!

Patung Pancoran said...

setuju banget. kalo kata walt disney: dream, believe, dare, do.

fiEkHa said...

Yess! Tokoh idola gw tuh! Secara gw pngen jd animator n bkin animation studio (amiin).

My fave walt's quote:
If you can dream it,you can do it

:-)