take it easy, so life will be

Menyadari bahwa saat ini saya hanya ingin membuat hidup saya terasa lebih fun, maka sayalah yang harus membuatnya seperti itu. It's no kidding, you are what you want, you are what you say, you are what you eat, and you are what you be.

20 June 2008

MOMO by Michael Ende


Kisah ajaib mengenai gerombolan pencuri waktu dan seorang anak kecil,

yang mengembalikan waktu yang hilang dicuri kepada umat manusia.

Sebuah roman dongeng.



Satu lagi buku fiksi yang baru gw baca. Judulnya MOMO.

Iya, bener, ini roman dongeng. Dongeng kalo mau dibilang begitu. dongeng tentang seorang gadis cilik bernama Momo.

Momo tidak punya orang tua, saudara, atau siapa pun. Ia tinggal di reruntuhan amfiteater tua bersama keluarga gelandangan lainnya. Hmm... kisah ini berlangsung di sebuah kota di daerah Eropa yang tidak disebutkan namanya. Anggap saja sebuah kota khayalan yang tidak mengenal waktu, melainkan hanya masa kini yang abadi.

Kisahnya sendiri tentang bagaimana usaha Momo untuk melawan para tuan kelabu, yang tanpa disadari penduduk kota tersebut, telah mencuri dan menyimpan waktu-waktu milik penduduk kota tersebut. Sehingga orang-orang dewasa tidak punya lagi waktu yang cukup berharga untuk digunakan sekadar memperhatikan hal lain selain apa yang sedang mereka kerjakan untuk hidup. Orang-orang menjadi lebih tergesa-gesa, menjadi lebih terburu-buru, dan tidak ada waktu untuk bermain-main, mengobrol, dan memikirkan orang lain.

Sebuah dongeng yang indah, yang menurut gw, mungkin menggambarkan perumpamaan tentang kehidupan manusia yang kian maju, namun makin kehilangan waktu untuk sekadar duduk-duduk dan menikmati secangkir teh, menenangkan diri sejenak, menikmati angin sejenak.

Kagetnya gw, ternyata buku ini selesai ditulis pada tahun 1972. Pengarangnya sendiri, seorang Jerman yang kemudian pindah ke Itali dan menyelesaikan Momo di sana, Michael Ende, sudah meninggal di tahun 1995.

Ini buku yang menarik. Sekali membaca akan langsung terikat untuk melanjutkannya sampai selesai. Gw minjem dari sepupu gw waktu di Bandung kemarin, dan gw mendahulukan membaca buku ini daripada Twilight. Hehe... kayaknya trilogi Twilight masih jadi waiting list gw ;P, katanya bagus, yak?

2 comments:

dinidini said...

saia minta gambarnya buat posting ya..
saia kasi link nya
trm kasih...^^

dinidini said...

ga jadi, saya uda dpt gambarnya, hehe
tq