take it easy, so life will be

Menyadari bahwa saat ini saya hanya ingin membuat hidup saya terasa lebih fun, maka sayalah yang harus membuatnya seperti itu. It's no kidding, you are what you want, you are what you say, you are what you eat, and you are what you be.

14 August 2008

Cita-cita itu masih penting, kok

Kadang gw bertanya-tanya, apakah orang-orang di jaman sekarang masih menganggap cita-cita itu penting? Atau jangan-jangan sudah banyak yang menganggap cita-cita hanyalah hal-hal sepele semasa mereka kanak-kanak?

Well, i just wanna say that it still important. Bahkan setelah kita dewasa, pun, cita-cita itu masih penting, kok J.

Bagi gw dan keluarga gw, cita-cita... adalah hal yang menggerakkan kami untuk melakukan sesuatu, cita-cita... atau bisa disebutkan sebagai dream, atau harapan, atau tujuan, adalah alasan kenapa kita manusia bisa bertahan untuk hidup di dunia ini.

Gw pernah mengungkapkan di salah satu postingan gw, tentang makna hidup yang sebenarnya bagi gw, yaitu ketika kita berjuang akan sesuatu dan ketika akhirnya dapat mencapainya, perasaan susah dan sedih yang dirasakan dan juga kebahagiaan yang didapat setelah itu. Terasakah bagi kalian semua? bahwa Tuhan telah memberikan hadiah terbesar kepada kita, yaitu kehidupan, di mana kita diberikan kesempatan untuk merasakan: kebahagiaan.

Tapi tentu saja, untuk dapat merasakan itu semua, kita harus memiliki keinginan, sebuah cita-cita, sebuah tujuan, sebuah harapan, sebuah impian. Tanpa keinginan untuk hidup pun, kita tidak akan bertahan hidup di sini. Ketika manusia memiliki keinginan (minimal) untuk bertahan hidup, dengan otomatis otaknya akan berpikir, apa yang harus ia lakukan? Apa yang bisa ia lakukan? Dan ketika manusia melakukan sesuatu, itu akan berdampak baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain.

Tidak ada manusia yang tidak memiliki tujuan. Kalaupun ada, mereka adalah manusia yang sudah mengering baik jiwa maupun raganya, bahkan sebelum merasakan kebahagiaan untuk dirinya sendiri.

Believe it, we deserve to be happy.

Cita-cita, keinginan, harapan, dan tujuan... tidaklah harus berupa hal-hal yang besar dan spektakuler. Anggaplah seperti kita sedang akan pergi ke luar kota, Surabaya misalnya, ketika kita sudah tahu tujuan kita tentunya kita akan membuka peta dan melihat2 jalan apa saja yang bisa kita tempuh untuk sampai ke kota itu. kalau seseorang bercita-cita untuk mempunyai rumah sendiri, ia akan berusaha untuk bekerja kemudian menabung sampai akhirnya bisa membeli rumah impiannya. Ia akan bahagia, kemudian semuanya berlangsung seperti biasa lagi dan ia akan memiliki tujuan2 berikutnya, yang akan memberikan bahagia2 berikutnya.

Tujuan hidup itu tidaklah Cuma satu. Tapi intinya adalah kita melakukan sesuatu dalam hidup. Sebenarnya, apa pun hal yang kita lakukan dalam hidup adalah berarti dan berharga selama itu memiliki tujuan. Sementara, ketika kita melakukan sesuatu tanpa tujuan apapun, kenyataannya itu adalah sia-sia dan buang-buang waktu.

Seseorang bekerja demi uang. Lalu untuk apa uang itu setelah ia mendapatkannya? Apakah ia bahagia hanya dengan mendapat uang (well, mungkan ada yang seperti itu). Kita bisa, kok, mengubah pola pikir kita dengan ‘oh, aku ingin bisa banyak beramal, jadi aku harus punya banyak uang’ atau ‘oh, aku ingin punya rumah sendiri, berarti aku harus menabung uang mulai sekarang’ dan lain-lain. Uang bukanlah tujuan akhir, melainkan alat yang kita gunakan untuk mencapai tujuan kita yang sebenarnya.

“Money is a good slave, but it’s a bad boss”


Hm...hmm... kebiasaan, nih, gw kalo ngomongin sesuatu pasti bercabangnya ke mana-mana. Hhe.

Jadi... apa cita-citamu sekarang?

I’ll share mine a little bit. Salah satu cita-cita gw sekarang adalah bisa nge-kost di kost-annya indah dan etrin! Gw udah suka sama tempatnya, tapi... uang saku gw sekarang belum cukuuup... jadi, mungkin tahun depan gw bisa nge-kost di sana, insya Allah, sekarang gw lagi berusaha mencari pemasukan lain supaya uang saku gw bertambah.

Jadi, Fik, lo udah bicara panjang lebar serius2 ternyata Cuma kepengen curhat soal cita-citalo yang itu?

Hehe... itu salah satu cita-cita kecil gw. kalo cita-cita yang besar... hoho, tunggu aja di lain postingan.

P.S. Postingan ini gw dedikasikan untuk sahabat2 gw yang gw harap apa jalan yang mereka pilih dalam kuliah sesuai dengan tujuan mereka.

Please, in the end... we still need to be happy of all we have done.

2 comments:

Doli Anggia Harahap said...

Memang sangat penting koq mbak..
Dan cita-cita bakal berubah seiring kita tumbuh dan berkembang..

Mulai dari dulu cita-cita pengen jadi dokter, terus mau jadi insinyur, terus mau jadi programmer..alhamdulillah sekarang tercapai..

tapi..sekarang masih punya cita-cita lagi..

nah, jadi cita-cita itu sebagai motivasi untuk terus berkarya saya rasa..

3w1nk said...

setuju nih, money is good slave but not good boss..
bottom line, jangan sampai kita di perbudak uang..
jangan kita yang perlu uang, tapi uang yang membutuhkan kita..
oiya, visit my blog yeee...