take it easy, so life will be

Menyadari bahwa saat ini saya hanya ingin membuat hidup saya terasa lebih fun, maka sayalah yang harus membuatnya seperti itu. It's no kidding, you are what you want, you are what you say, you are what you eat, and you are what you be.

13 February 2009

Memilih seorang pemimpin

Sekarang ini, di FISIP UI sedang gembar-gembornya PEMIRA alias Pemilihan Raya (klo nggak salah :P), yaitu pemilihan Ketua BEM FISIP UI yang baru. Dan... kandidatnya terdiri dari dua kubu:

  1. Thomas – Hegar
  2. Bhakti – Mansyur

“inget, ya. Kuliah memang nomor satu, tapi nomor 2-nya Bhakti-Mansyur, oke?”

Begitulah ucap salah seorang senior gw di Komunikasi. Haha. Agak2 terbuka juga, ya, kecenderungan warga FISIP terhadap calon yang akan dipilihnya. Sementara gw? Ditanya pun gw agak males jawab, itu RAHASIA gw, man! FISIP itu ramai, banyak manusia di kanan-kiri, dan nggak mungkin, dong? Di tengah2 kampus yang ramai orang gitu gw jawab tentang siapa yang mau gw pilih? Kok, rasanya kurang sreg, yah? Kagak enak kalo didengar sama orang2 yang memilih berbeda dengan gw.

Jadi, lo pilih siapa, Fik? (tetep... penasaran, ya?)

Hmm. Begini. Dari 2 kandidat tersebut, baru satu orang yang pernah gw temui, yaitu, Thomas himself. Ceritanya, udah dari beberapa hari dia mulai mensosialisasikan dirinya secara nggak langsung dengan ikut nimbrung di setiap kerumunan mahasiswa yang lagi berbincang2. Dan suatu hari, saat beberapa anak angkatan gw sedang merapatkan MBJ, datanglah dia nimbrung. Awalnya sharing2 soal MBJ, terus... lama kelamaan ngomongin PEMIRA, deh, dan dia ngasih tau bahwa dia salah satu kandidat calon Ketua BEM-nya. Halaah... ternyata ini bagian dari promosi dirinya . Hehe... (begitu pikir gw dan anak2 :P)

Kesan gw tentang dia: BAGUS. Dia adalah seorang kandidat yang memiliki visi yang jelas dan nyata (apa, sih, Fik), dan jujur, gw waktu itu berpikir bahwa mungkin gw akan memilih dia.

Tapi,,, gw nggak bisa langsung main pukul rata gitu, lah... secara gw belum lihat langsung kandidat satunya, si Bhakti itu. Gw cuma liat Bhakti-Mansyur di spanduk2 besarnya di FISIP dan jargon2nya yatu OBAMA: Optimis Bijak AMA (gw lupa singkatannya apa aja :P). Tapi, sepertinya, sebagian besar warga FISIP sudah condong ke pilihan no.2 tersebut. Kata temen gw (yang udah lihat langsung sosialisasinya Bhakti), sih, si Bhakti itu, oke, banget. Dia mengutarakan soal menjadi pemimpin yang baik dan bla3x gw nggak tau lagi.

Hari ini sebenarnya ada Debat Panelis di FISIP. Tapiii... gw nggak bisa nonton gara2 ada kegiatan FULLFRAME (komunitas foto di FISIP yang gw ikuti)!!! Huee... padahal sekalinya ini gw pngen banget liat si Bhakti! Penasaraan, euy...!

Ada beberapa faktor yang membuat seseorang memilih pemimpinnya. Dan gw berpikir 2 dari faktor-faktor tersebut. Pertama, seseorang memilih pemimpin karena idealisme yang sama diantara mereka, karena satu pemikiran, atau satu pemahaman. Kedua, seseorang memilih pemimpin yang memiliki tujuan-tujuan yang konkret dan realistis sesuai dengan keadaan yang diharapkan saat itu.

Sebentar lagi juga akan diselenggarakan PEMILU calon presiden dan wakil presiden 2009. Dengan PEMIRA FISIP ini, gw akan mulai belajar memilih, gw harus mengenali calon2 terpilih, dan... gw akan memilih sesuai dengan kriteria yang gw miliki mengenai seorang pemimpin. Siapa pun yang menang nantinya, yang pasti gw nggak akan menyesal karena gw merasa telah memilih yang sesuai menurut gw. Jadi, intinya jangan sampai salah pilih dan jangan memilih untuk tidak memilih!

“Buat gue, akan lebih baik lo memilih lawan gue dibanding lo memilih untuk golput” (ucapan Thomas saat bersosialisasi di tengah2 rapat MBJ kita)

Maksudnya adalah, helllooow...? kita anak FISIP, bo! Sosial-Politik! Justru kegiatan seperti ini adalah salah satu dari sekian hal yang harus kita attended to, kan!?

6 comments:

tammi prasetyo said...

“Buat gue, akan lebih baik lo memilih lawan gue dibanding lo memilih untuk golput” (ucapan Thomas saat bersosialisasi di tengah2 rapat MBJ kita)"

itu persis seperti ucapan Hegar ke gue waktu dia juga lagi ngobrol-ngobrol santai sama gue. ahaha

kayaknya, konsep kampanye mereka adalah selain mempromosikan diri juga memvocalkan agar yang lain enggak golput.
karena tingkat partisipasi mahasiswa fisip untuk pemira masih rendah gitu deh, menurut data statistik yang ada.

if you want to know more about the candidats, dateng aja hari senin jam satu di PLAZA ada debat lagi kok.
sayang kita ada kuliah sih ya

eCHo CoLaTE said...

jadi pilih yg????

fika farikha said...

haha...


pilih yang mana, dong, nih?


udah minggu ketiga masiiih aja belum keliatan, tuh, kandidat yang namanya Bhakti-Mansyur....

Kian penasaran, deh, gue, sementara pemilihan kayaknya udah dekeeet...

wuaa///

Punkitubella said...

hehhehe...pilih yang bersinar :)

Susi Sakti Andarini said...

Hm.. selama dua minggu kampanye ini, gw juga melihat Bhakti-Mansyur, si kandidat nomer 2 juga mendorong semua teman-teman di FISIP untuk tidak golput kok..

Ngeliat semua acara debat gak? coba deh kita ingat-ingat lagi, siapa yang debatnya lebih banyak ber"isi" alias cerdas omongannya.

kalau mau tahu lebih jauh mengenai kedua kandidat, kita buka aja berbagai blog, group, atau Facebook mereka. Semangat ya!!!

Susi Sakti Andarini said...

oiyayah,, pas di TPS kita milih calon pemimpin yang terSENYUM optimis menuju kejayaan FISIP yuk...

hehehe..