take it easy, so life will be

Menyadari bahwa saat ini saya hanya ingin membuat hidup saya terasa lebih fun, maka sayalah yang harus membuatnya seperti itu. It's no kidding, you are what you want, you are what you say, you are what you eat, and you are what you be.

24 July 2010

Akselerasi

Tersebutlah sebuah percakapan kehidupan seseorang di suatu tempat nun jauh entah di mana.

Ibu: Nanti untuk warisan mama buat kamu, kamu mau pilih apa? Rumah atau apartemen? Harus tau mau apa, ya, jangan sampai nanti rebutan sama adek kamu
Anak: ...
Ibu: ... Mama yakin, aku udah bisa ambil keputusan di usia segini?
Anak: ... aku belum tau, lho, apakah nanti aku bisa berubah kebutuhan, sekarang bisa jadi beda sama nanti, kan?
Ibu: Ya... ambil resiko sama pilihan yang harus kamu ambil sekarang. 
Anak: ...
Anak: ... cepet banget, sih... aku ngerasa kayak hidupku dipercepat banget... kayak diakselerasi... 
Ibu: Memang begitu hidup kamu sekarang, Nak. Akselerasi.

Akselerasi.

Based on that conversation, satu kata yang akhirnya gw peroleh untuk mewakili kehidupan gw selama beberapa tahun terakhir. Ibarat alur yang dipercepat beberapa tahun, gw belum mencapai kursi 20 tahun gw dan... I already got much on my shoulder.


Akselerasi.


I didn't say I hate it, it's just... the unconditional situation I noticed.

Nothing I can tell more but conversations, manusia selalu berdialog, seringnya adalah hal-hal yang kadang menyentil cara pikir dan cara pandang seseorang, tak terkecuali gw sendiri.

Fakta.

Ibu: Untuk beberapa orang seperti orang yang tidak mampu atau anak yatim piatu, hidup mereka berjalan dalam kondisi akselerasi, Nak. Bapak kamu juga dulu itu begitu, mama juga, sama si anak kecil tadi (adalah seorang anak, Ayahnya baru aja meninggal dunia, dan ibu/kakaknya sedang diopname, sehingga sehari2 anak itu tidak sekolah dan dititipin sama keluarga pemilik toko di sebelah) juga....
Ibu: ... kamu juga, Nak. Udah saatnya kamu bantu ibu dalam memikirkan kelangsungan hidup kita. Berkontribusi ikut memikirkan semuanya... bantu ibu

Gue pun hanya bisa diam, dan berpikir.


Akselerasi adalah kata yang tepat untuk menggambarkan hidup yang gw jalani saat ini.

No comments: