take it easy, so life will be

Menyadari bahwa saat ini saya hanya ingin membuat hidup saya terasa lebih fun, maka sayalah yang harus membuatnya seperti itu. It's no kidding, you are what you want, you are what you say, you are what you eat, and you are what you be.

26 April 2011

manusia mengubah... manusia

sebelumnya, bisa kroscek balik ke postingan gw sebelum ini.

Cuma pengen nampilin foto bersama panitia BINGKAI JAKARTA yang gw ketuai :) what an experience. I hope they feel the same goodness as I felt it.

Percayakah kalian, kalau gw bilang... manusia bisa mengubah manusia lainnya?

Suatu waktu di bus transjakarta gw membiarkan seorang mbak yang kesulitan memegang gantungan, untuk duduk lebih dulu di kursi kosong.
Suatu waktu, gw membukakan pintu untuk orang-orang yang tangannya penuh karena barang-barang.
Dan... suatu waktu suatu waktu lainnya yang lebih baik disimpan saja, hehe.

Dan yang hampir selalu terpikir di benak gw ketika melakukan hal tersebut ialah, ingatan masa lalu di mana seorang sahabat gw, yang telah duduk di bus transjakarta yang penuh, kemudian mempersilahkan duduk seorang ibu dengan anak yang tampak repot satu keluarga.

Peristiwa itu udah lama banget, mungkin sahabat gw juga tidak mengingatnya, dan mungkin sahabat gw juga nggak tau, kalau saat itu, tindakannya membuat gw tertegun, dan terenyuh.

Berbuat kebaikan tidak harus berupa perbuatan yang besar skalanya, seperti menyumbangkan dana atau membangun yayasan, berbuat kebaikan bisa langsung dari hal-hal kecil di sekitar kita, menjadi tabungan amal baik...

... dan harapan gw menjadi tabungan sikap juga, berharap gw yang saat ini akan membawa gw di masa mendatang sebagai pribadi yang baik sikapnya.

Tanpa disadari, sahabat gw mengubah gw, tanpa tindakannya, mungkin pintu-pintu akan tetap tertutup untuk mereka yang kesulitan membukanya, dan kursi-kursi bus transjakarta akan penuh bagi mereka yang kerepotan mengurus anak.

Gw akan selalu teringat kejadian itu tiap kali gw membukakan pintu, atau memberikan tempat duduk, atau hal-hal kecil lainnya, gw akan mengingat sahabat gw itu. Hahaha...

"manusia mengubah manusia"

Memang akan terasa lebih membanggakan bila pada dasarnya kita adalah orang baik sejak semula, bukan karena orang lain, tapi menepis harga diri dan mau berubah karena orang lain juga menunjukkan esensi dari diri kita.

Ah... lagi-lagi gw berkata sok ideal.

Kalau saja semua bisa berpikir prinsip "manusia mengubah manusia" mungkin nggak perlu lagi ada harga diri, mungkin yang ada adalah harapan bagi kita untuk bisa menjadi manusia yang juga bisa mengubah manusia lainnya, hehehe...

it's happy to know that you can inspire others, isn't it?

1 comment:

l i t a said...

Apa yang kamu tulis bener sekali. Perbuatan baik, yang kita lakukan pada orang lain tanpa pamrih, suatu hari akan terbayar kok.
Saat kita benar-benar kesusahan, akan ada saja orang-orang--entah darimana--yang datang untuk membantu kita.