take it easy, so life will be

Menyadari bahwa saat ini saya hanya ingin membuat hidup saya terasa lebih fun, maka sayalah yang harus membuatnya seperti itu. It's no kidding, you are what you want, you are what you say, you are what you eat, and you are what you be.

19 August 2007

Setelah menginjak umur tujuhbelas... (bagian 2)

17. Sebuah langkah pertama menuju umur yang lebih matang. Jadi inget pelajaran sosiologi (hey! Gw anak IPS!!!) tentang status dan peranan. Bahwa setiap orang memiliki beberapa status dan peranannya yang berbeda masing2.

Dalam kasus gw, gw adalah seorang anak sulung dan karena bokap gw udah nggak ada, jadi gw harus amat sangat bisa membantu nyokap gw sekarang, minimal nggak membuatnya repot. Kadang mengeluhpun tidak sempat.

Gw adalah kakak dari satu adik cewek yang umurnya Cuma terpaut 18 bulan (1.5 tahun). Kadang ada hal2 yang nyokap gw nggak sempat lakukan dan sampaikan ke adek gw itu, dan tugas gw adalah menyalurkan apa yang gw terima dari nyokap gw ke adek gw. God, gw berharap adek gw cepet jadi lebih dewasa dan lebih punya empati. Sampe sekarang kita berdua masih sering banget bertengkar. Banyak banget perbedaan diantara kita dan sedikit sekali kesamaan yang ada.

Gw adalah seorang cucu pertama dari keluarga pihak ibu. Yang berarti nenek gw beranggapan kalo gw udah cukup dewasa untuk bisa mengurusi diri sendiri (perlakuan dia ke gw beda banget sama ke adek gw en sepupu2 lainnya). Dan gw juga adalah ponakan pertama dari pihak keluarga ibu. Makanya gw yang pertama sweet seventeen-an jadinya para oom-tante ngasih surprise2 kecil. Suatu hari, gw yang bakalan ngasih surprise buat adek2 sepupu gw yang sekarang pada masih anak2.

Gw inget banget akhir2 ini gw jadi jarang memperhatikan kedua adek gw di rumah (1 adek kandung, 1 adek sepupu yg tinggal bareng) karena kesibukan gw akhir2 ini yang membuat waktu bermain gw bareng mereka berkurang, dan yang ada gw capek klo ngurusin mereka berdua.

Gw merasakan apa yang disebut ‘konflik status’ dalam sosiologi. Di satu sisi kesibukan gw itu adalah belajar dengan sungguh2, ditambah bimbel dan les bhs inggris krn sekarang gw udah kelas 3 SMA, karena itu kewajiban gw sekarang sebagai anak untuk membuat orang tua tenang. Di satu sisi, gw juga harus bisa menjadi kakak yang pay attention bagi kedua adek gw tsb. Dan ada tambahan sisi lain di mana gw juga butuh meliburkan diri gw dengan istirahat dan keinginan2 menghabiskan waktu bersama sahabat2 dan kawan2.

No comments: