take it easy, so life will be

Menyadari bahwa saat ini saya hanya ingin membuat hidup saya terasa lebih fun, maka sayalah yang harus membuatnya seperti itu. It's no kidding, you are what you want, you are what you say, you are what you eat, and you are what you be.

07 April 2008

UN?


Ujian Nasional tinggal 2 minggu lagi.


Apa yang dirasakan?


Resah.
Resah.
Resah.


Mau murid yang baru getol belajar bulan2 ini. Sampai murid berprestasi yang udah persiapan dari 3 tahun lalu.


Semuanya resah.


6 mata pelajaran.


Bukan soal mudah.


Tapi bukan berarti kita tidak bisa menghadapinya.


Sejak beberapa bulan terakhir ini, banyak hal yang telah dilakukan pihak sekolah untuk menggembleng murid2nya agar siap menghadapi UN. Sebenarnya waktu yang diberikan sekitar beberapa bulan menuju UN itu cukup bagi kita siswa/i untuk siap menghadapi UN, asalkan diikuti dengan sungguh2. Nggak ada salahnya, dong, bersakit2 dahulu bersenang2 kemudian? Udah cukup banyak waktu yang kita pakai untuk menghabiskan masa2 SMA dengan bersenang2.


2 tahun lebih itu udah more than enough for having fun with our friends. And now is time for us untuk merasakan susah2 bersama menuju UN. Setelah itu, lo mau jungkir balik kayak apa juga terserah (eits! Tapi jangan lupa masih ada Ujian Sekolah yang menanti, hehe...).


Seserius2nya kita belajar 3 bulan terakhir ini, tetep aja ada 3 hal penting yang harus diingat, yaitu:


SEHAT. Yep, nggak ada artinya kita banting tulang belajar kalau ujung2nya kesehatan badan terabaikan. Jangan sampai beberapa hari menjelang UN kita jatuh sakit. Karena kalo udah gitu yang sakit hati kita juga, kan? Tetep ikutin pola makan kita sehari2 yang seperti biasanya, kalo bisa ikutin pola makan yang lebih sehat lagi. Konsumsi buah2an, sayur2an, jangan lupa makan nasi walopun Cuma sekali sehari, karena nasi mengandung gula dan karbohidrat yang penting banget buat energi yang kita pakai sehari2nya. Dan jangan lupa juga untuk cukup tidur. Nggak usah, deh, begadang sampe malem banget buat belajar. Mungkin pikiranlo nggak merasa ngantuk, but believe me, your body needs to take a rest. Badanlo itu sebenernya butuh banget istirahat, cuma kita kurang merasakannya aja.


REFRESHING dan REKRASI. Kalo udah merasa suntuk banget belajar, nggak usah dipaksain lagi untuk belajar. Refreshing dan rekreasi yang dimaksud di sini itu adalah kondisi yang membuat kita paling merasa santai dan bisa mengisi ulang energi kita terutama di pikiran. Kalo merasa refreshing dengan tidur, ya tidurlah, kalo dengan mendengar musik cukup refreshing, dengarlah musik yang paling lo suka. Baca komik? Nonton TV? Jalan2 keluar rumah sebentar? Olahraga? Merokok? Bahkan Cuma minum teh atau kopi, semua orang punya caranya masing2 untuk refreshing. Setelah merasa cukup ter-reload/terisi ulang tenaganya, barulah kita mulai belajar lagi :-D. Percaya atau enggak, justru dalam kondisi yang santai dan menyenangkan pikiran, kita dapat lebih berkonsentrasi untuk belajar. Jadi, nggak perlu tegang2 banget klo mau memperhatikan pelajaran. Otak kita ini sebenernya anugerah Tuhan yang paling hebat, lho!


DUKUNGAN MORIIL. Yang satu ini, penting banget bagi ortu2 kita untuk diingat. Kalo perlu kita yang mengingatkan mereka. Agar mereka selalu memberikan dukungan moriil pada kita2 berupa kepercayaan dan keyakinan tinggi bahwa anak2nya dapat melalui UN dengan sukses. Disertai doa dan doa. Siapa, sih? Yang nggak mau anaknya lulus? Nah, makanya para orang tua juga turut andil (jangan Cuma maunya aja) membantu. Right?


Buat yang tiga di atas itu penting penting penting sekali untuk diingat. Istilahnya, antara body, mind and soul harus seimbang, masing2 punya asupan makanan yang dibutuhkan.


Buat kita2 yang udah belajar 3 tahun ini dan merasa well-prepared untuk menghadapi mata pelajaran UN, nggak usah sakit hati bisa kebalap sama yang baru belajar 3 bulan. Karena keberadaan kalian itu bisa berguna dan berarti banget terutama buat kelompok2 belajar kecil2an yang butuh bantuan sedikit dari ‘guru kecil’. Lagian, bakalan ada hasil dan manfaat lebih yang kalian terima dibanding mereka2 yang baru belajar 3 bulan ini. Tapi kita semua tetap akan lulus Ujian Nasional! Amien!


Jangan lupa, setelah 90% usaha kita kerahkan, sisa 10%-nya kita isi dengan berdoa sebanyak2nya memohon kelulusan.


Masih merasa kurang siap menghadapi UN? Coba buka, deh, situs di bawah ini. Isinya berupa soal2 latihan UN yang mungkin bisa makin memantapkan skill lo2 pada.




Jadi, UN?


Lulus!


Amien.

No comments: