take it easy, so life will be

Menyadari bahwa saat ini saya hanya ingin membuat hidup saya terasa lebih fun, maka sayalah yang harus membuatnya seperti itu. It's no kidding, you are what you want, you are what you say, you are what you eat, and you are what you be.

20 June 2008

Bandoeng: story from Bale Endah

Jadi inget, sebenernya liburan ini sempet gw habiskan dengan pergi ke Bandung. Yah, undangan mendadak, sih, dari bude-pakde gw yg kebetulan lagi di Jakarta dan langsung ngajak kita ikut mereka ke Bandung di hari kepulangan mereka.
Langsunglah gw, adek gw en nyokap gw berbenah2 sampai akhirnya jemputan datang dan kami sekeluarga bersama pakde-bude gw itu berangkat ke Bandung.


Perjalanan panjang gw habiskan dengan membaca buku The Proposing Tree yang gw pinjem dari Tammi dan nggak sempet gw baca. Gw bawa ke Bandung sengaja karena gw inget pada hari yang sama beberapa kawan gw termasuk Tammi juga pergi ke Bandung, tapinya dalam rangka mengikuti USM atau enggak SMUP. Sementara gw? Liburaaaan! Hehehe...

Yah, karena perjalanan panjang yang nggak jauh dari godaan pergi ke negara Bossen, jadilah gw siasati dengan membaca buku tsb yg walhasil langsung memikat gw! (wahahah! Padahal klo di rumah kagak gw buka2 tuh, buku! Emang tempat juga menentukan kali, yee...)

Sampai di Bandung, kali ini kita nggak ke rumah pakde-bude yg ada di Sukagalih, melainkan rumah baru mereka di Bale Endah, tempat tempat nun jauuuuh di pinggiran Bandung (yg kalo di peta Bandung udah kagak masuk Bandung lagi), yang untuk ke sana dari Bandung butuh waktu 1 jam dengan mobil pribadi dan 2 jam dengan angkot, yang sengaja di bangun di sana karena bude gw punya pengajian dan taman bacaan di sana jadinya di lantai dua tempat tersebut dijadikan rumah mereka juga. Namanya “Nun Learning Centre – Taman Pendidikan Qur’an dan Taman Bacaan”.

Bisa dibayangkan, sebuah tempat terpencil, masih desaaaa banget, yang kalo jam 7 malem di sana sepinya udah kayak jam 10 malem, yang pada pagi hari ada suara bebek bersoang-soang (lho?), siang ada suara mbek-mbeknya kambing dan malam ada suara jangkrik yang nyaring banget. Hehehe...



Kami sampai jam 8 malem setelah 2 jam sebelumnya transit terlebih dahulu di Sukagalih untuk shalat. What an amazing place! Sayangnya karena udah malem jadi pemandangan yang terlihat Cuma gelap-gelap gitu aja.

One special thing for me that night is: the balcony. The house has balconies! Balkon! Oh! Oh! Oh... balkon! *ehm*lebay mode on*. Yeah! Ada 2 balkon, satu menghadap ke depan rumah satu lagi menghadap ke belakang rumah alias halaman luas berkolam ikan 2 dan ada kebon seladanya (uwaaa! Uwaaa! Uwaaa!!!!!).


You can see the stars from that balcony. Malam berbintang terlihat lebih indah di tengah hunian desa seperti ini, dan untuk lebih mantapnya gw mematikan lampu balkon sehingga tidak ada lagi cahaya lampu yang menghalangi gw melihat bintang2 dg lebih jelas. Hahh... im dreaming of a house with balcony. Balcony... it’s one special thing you can find from a house, especially a house like this. Haah... gw suka banget sama yang namanya balkon. Yang namanya balkon itu... memberikan romansa tersendiri yang bikin hati tenaang banget, best place, special place


Yah, malamnya serangan dingin mulai menyerang dan badan gw mendadak perih2 dan gatel2 dan terdapat bintik2 merah kecil2 yang bikin gw heran setengah mati, kenapa ya? apa ada serangga2 kecil kasat mata yang nemplok pas tadi gw gelap2an di balkon? Sumpah! Nyerinyaa!

Paginya, barulah gw bisa melihat pemandangan sesungguhnya yang terlihat dari balkon belakang tersebut. Gw bisa lihat kolam ikannya, kebon seladanya, kebon sawinya, pohon2 yang baru ditanam (masih pendek2 gitu), teruuuuus... gunungnya... ijo! Sumpah! Gunungnya itu deket banget sampe gw bisa ngeliat warna pohon2nya yang ijo! Dan gw bisa ngeliat ada pintu gua gede banget di sana (uwaah! Bikin penasaran pengen ke sana, deeh!). Eh! Dan gw juga ngeliat kumbang badak di lapangan parkir (yg adalah lapangan badminton) di rumah di Bale Endah itu! uwaa....!


Pokoknya, jauh dari kebisingan kota, jauh dari hiruk pikuk kota, jauh dari Alfamart (hehe), saking jauhnya rasanya kalo ada di tuh tempat emang bukan untuk kemana2 melainkan di daerah situ2 aja (soalnya kemana2 jauh jadi bawaannya udah males banget). Emang tempat untuk mengasingkan diri banget, pas banget buat pakde gw yang penulis, dan gw yang juga doyan nulis. What a dream place!!!!

No comments: