take it easy, so life will be

Menyadari bahwa saat ini saya hanya ingin membuat hidup saya terasa lebih fun, maka sayalah yang harus membuatnya seperti itu. It's no kidding, you are what you want, you are what you say, you are what you eat, and you are what you be.

03 June 2008

Since I was a child: Index

Berikut adalah buku2 jadul yang gw baca waktu kecil dulu. Buku2 yang gw sirikin ketika sepupu2 gw dulu punya lebih lengkap daripada gw. Buku2 yang beberapa belum lengkap gw baca karena anak SD belum terlalu mengerti. Buku2 yang gw harap bisa gw temukan lagi sekarang2 ini.

As far as I can remember:

- Young Girls a.k.a Little Women Japanese booktale version yang disadur ke Bahasa Indonesia.
- Georgia Abbott a.k.a Daddy Long-legs Japanese booktale version yang disadur ke Bahasa Indonesia.
- Enid Blyton: Serial Si Badung (ada yang tau?). Ada 7 buku kalo nggak salah, dan tokoh utamanya cewek bernama Elizabeth. Waktu umur gw makin besar, gw sempat melihat cetakan baru serial ini, yang dibuat lebih tipis dengan pembagian serial lebih banyak (mungkin lebih dari 7 buku). Yang gw baca adalah warisan nyokap gw.
- Enid Blyton: Serial St. Clare. Warisan nyokap gw juga. Ceritanya tentang asrama St. Clare dan tokoh utamanya kembar bernama Patricia dan Isabel (klo nggak salah). Gw nggak pernah liat cetakan barunya tapi pernah liat karya Enid Blyton yang lain di toko buku: serial St. Malory Towers.
- Rumah kecil di hutan rimba. Warisan nyokap gw (ini yang paling buluk karena dari nyokap gw SD). Judul aslinya ‘Little house on the prairie’ karya Laura Ingalls Wilder. Bukunya terdiri dari beberapa seri dan merupakan kisah nyata sang penulisnya sendiri, Laura. Yang gw baca itu baru nomor 1-nya, sisanya belum dibaca. Gw dulu smpet liat cetakan barunya yang juga lebih tipis dan hanya mengambil bagian untuk anak2 saja.
- Serial Nancy Drew. Warisan nyokap gw jaman jebot. Sekarang katanya udah dibuat serial TV dengan Emma Roberts (ponakan Julia R) sebagai si Nancy. Penasaran!
- Lima Sekawan
- Sapta Siaga
- Animorphs
- Goosebumps
- Seri tokoh dunia (Walt Disney, Abraham Lincoln, Marie Curie, dll)
- Ensiklopedia Walt Disney dari A-Z
- Harry Potter series
- Dunia Sophie by Jostein Gaarder. Baca waktu SMP. Pertama kali gw mengenal filsafat. Recommended by Tammi.
- Novel2 Agatha Christie (ini dimulai ketika gw SMP, koleksi perpustakaan Labsraw itu kereen banget! One of the best!), dan temen gw Tammi adalah yang membuat gw membaca buku2 yang juga dibacanya ini bersama gw waktu SMP. hehe...
- Novel2 Sidney Sheldon (SMA). Thanks also to Noor Hidayat yang juga bikin gw baca cerita2 spektakuler Sidney. Yg gw baca kebanyakan punya tante gw (yg juga udah rada2 buluk, tapi worthed sama ceritanya).
- GEOGRAFI AMERIKA. Sebuah buku yang gw temukan di perpus SMA gw SMA 21, pasangannya SEJARAH AMERIKA. 2 buku yang tertulis sumbangan dari Kedutaan Amerika. Ditulis dalam Bahasa Indonesia tentang geografi Amerika dan Sejarah Amerika. Wah! Belum baca sampe abis gara2 waktu yang nggak memadai. Sebbeell! Gw kan bentar lagi lulus (amin)!
- Novel2 Sherlock Holmes. Thanks to Agiez yang udah rela minjemin koleksi Sherlock Holmes-nya.
- Laskar Pelangi. No doubt. It’s great! Waduh! Harus nyari pinjeman serial selanjutnya!
- (akhirnya) Little Women by Louisa May Alcott. Novel aslinya. Punya nyokap gw jaman entah kapan. Judul jadul Indonesianya ‘Empat Dara’. Baca 2 postingan sebelum ini.
- Lain-lain: adalah buku2 jaman sekarang. Populer maupun enggak, yah... tunggu aja di postingan gw yg berlabel resensi.

Sedangkan buku2 yang belum gw baca dan penasaran bangeeeeet pengen baca:

- Novel2 buatan Jane Austen. Terutama Persuassion dan Pride and Prejudice. Film Pride and Prejudice itu amaaat sangaaat lovely! Keren! Ceritanya oke! Oke! Oke! Duh! Masa gw nyari bukunya ampe harus nitip tmen gw di Singapur? Help me find this book! Or the e-book?
- Daddy Longlegs by Jean Webster. Haduh! Ini lagi gw nggak tau kudu nyari dimanee...
- Karya2 Yoshikawa Eiji: TAIKO, dan MUSASHI
- RASHOMON: kumpulan cerita Akutagawa Ryunosuke. Penerbit Gramedia, mahal nggak, ya? perlukah gw beli?
- Perang BUBAT
- Gajah Mada
- The Count of Monte Cristo by Alexander Dumas
- Karya2 Seno Gumira Ajidarma
- Buku2nya Pramoedya Ananta Toer
- Lain-lain: terlalu banyak

*fiuhh...

Books... they're not only part of my life, they're part of my soul.

N.B. Pengarang favorit gw adalah Jostein Gaarder, kedua setelah JK Rowling (yang ini nggak heranlah...). What about you?

2 comments:

Patung Pancoran said...

uoh, such a book reader u r!!

fiEkHa said...

Yeah...haha... Proudly i'd say: I AM a dedicated reader, which means i only read books that interested me, and so far there's no such book like mathbooks or physics include yet :-D

*...*