take it easy, so life will be

Menyadari bahwa saat ini saya hanya ingin membuat hidup saya terasa lebih fun, maka sayalah yang harus membuatnya seperti itu. It's no kidding, you are what you want, you are what you say, you are what you eat, and you are what you be.

03 June 2008

Since I was a child: Part 2; Encyclopedia, Donal Bebek dan cita-cita masa kecil

Pengalaman memiliki 2 buku istimewa saat masih kecil berpengaruh ke diri gw gw bahkan sampai saat ini. Biasanya anak kecil dulu kalo ditanya mau jadi apa pastilah keluar jawaban2 standar anak2: Dokter, insinyur, arsitek, dll. Well, to be honest, jawaban standar gw dan adek gw dulu adalah mau jadi arsitek, mungkin gara2 pengaruh bokap gw yang sering bikin desain arsitektur rumah untuk orang2 terdekatnya dan banyaknya booklet2 housing estate dari Kota Wisata dan Raffles Hills (yep! Mereka sudah dibangun sejak gw te-ka). Hmm... sampe akhirnya gw menemukan jawaban di luar standar melainkan cita2 yang serius gw pengen: menjadi Novelis dan Komikus.

Gw lupa mana yang lebih dulu, tapi emang dari gw amat sangat mini (baca: kecil) gw udah DOYAN banget sama buku, mo dibaca, kek, mo diliat2 doang, yang pasti bakalan gw buka2 sampe tuh buku buluk2 termasuk sampulnya ensiklopedi yang hardcover.

Apa? Ensiklopedi!? Yep! Nyokap gw juga ngomel2 sama bokap gw yang menurutnya aneh banget anak sekecil gw sama adek gw bisa2nya dibeliin 2 paket ensiklopedia! Dan lebih kagetnya, ternyata dibaca juga sama gw! waktu itu gw udah mengenal kata “Roosevelt” walopun belum tau ‘benda’ apakah itu. Hahaha...




Yah, emang ensiklopedi Walt Disney, sih, ada yang gede ada yang kecil, tapi tetep aja isinya banyakan tulisannya! Masih lebih oke serial ensiklopedi “Mengapa begini mengapa begitu” (tau, kan?) yang lebih banyak gambar2 menariknya.

Pokoknya, gw doyan banget sama buku, sukaaa banget. Sampe2 di rumah sodara sepupu di Bandung (yang waktu itu koleksi buku2nya banyak) gw iriii banget karena mreka punya banyak buku2 yang pengen gw baca saat itu dan mereka bisa baca itu semua setiap hari kalo pengen. Huhuuu...

Kalo komik, waktu kecil bokap gw membawakan majalah Donal Bebek hampir tiap hari untuk gw. sampe nyokap ngomel gara2 gw jadi makin bandel dan she thinks it’s because the Donal Bebek effect. Mungkin itu awal mulanya gw mengenal gambar2 bercerita (gamcer = komik). Gw inget gw mulai gambar komik (waduh! Ancur, dah, gambarnya!) sejak kelas 3 SD. Sedikit banyaknya gara2 pengaruh bacaan macam Young Girls juga, yang emang gambar2 orangnya ganteng2 dan cantik2 (kayak komik2 Jepang). Hehe...

Well, cita2 menjadi komikus kian membesar dan cita2 menjadi novelis makin keliatan ketika gw membaca buku Harpot yang pertama (gw liat iklan launchingnya di majalah Bobo temennya adek gw dan langsung minta dibeliin!). Whoa!

Dengan demikian resmilah cita2 pertamaku: menjadi novelis dan komikus.

Disusul dengan cita2 konyol yang (untungnya) ditentang nyokap gw (karena emang tolol banget mengingat umur gw yang udah bertambah besar) kayak pengen jadi astronot atau astronom, dan pengen jadi pemain sepak bola cewek atau pelatihnya. Bukan maksud gw cita2 macam itu tolol, tapi gwnya yang waktu itu kayak orang tolol asal ‘nyablak’ sembarangan tanpa liat keadaan.

Yah, ‘novelis’ dan ‘komikus’. Dua kata yang masih menjadi bagian dari diri gw.

Sampe sekarang gw masih suka membaca (oh! It’s number one!), perpustakaan2 adalah the best places buat gw, toko buku dan book fair (walopun gak selalu bisa beli T-T), dan di internet pun banyak yang menyenangkan untuk dibaca (termasuk blog2 kalian ).

Sampe sekarang gw masih suka menulis, dimulai dari menulis cerita panjang pertama gw (yang belum dan nggak akan pernah tamat) kelas 2 SMP yang langsung disambut bokap gw dengan membelikan gw komputer, dan beliau diem2 nge-fax tulisan gw itu ke Bu Budiati Abiyoga (bener, gak, penulisannya?) yang sempet dikenalnya saat itu. Responnya menyenangkan sekali buat gw, sayang cerita tersebut nggak bisa gw lanjutin karena idenya masih ‘ngayal aneh’. Dan setelah itu gw mendengar istilah blog yg entah kenapa feeling gw menjurus ke tulis-menulis (gw gak tau istilah ‘livejournal’ saat itu), dan jadilah blog pertama gw di Friendster tahun 2004!

Sampe sekarang gw suka menggambar komik. Well, kelas 1 SMP barulah gw mengenal dunia anime-manga (thanks to my Mom krn awalnya gara2 beliau yg beliin majalah Animonster pertama gw) dan itu makin meningkatkan minat gw terhadap komik dan animasi. Sempet juga bikin nilai sekolah gw anjlok gara2 itu. ahaha...

Sekarang? Hmm... for real, my desire is to be an animator. Bikin studio animasi, production house, dan juga skarang sudah tertarik dengan film. Utamanya gw pengen menjadi penulis naskah cerita untuk film dan animasi, dan character designer untuk animasi.

Im still in my world.

Thank you for my beloved mother and father, who really support me since I was a little girl.


No comments: