take it easy, so life will be

Menyadari bahwa saat ini saya hanya ingin membuat hidup saya terasa lebih fun, maka sayalah yang harus membuatnya seperti itu. It's no kidding, you are what you want, you are what you say, you are what you eat, and you are what you be.

29 December 2008

ORASI Gus Dur: Catatan Akhir Tahun


Hari Minggu tanggal 28 Desember 2008, gw menemani bude gw melihat acara orasi Gus Dur di hotel Santika, Jakarta. Awalnya agak2 nggak yakin mau ikut, namun karena dorongan dari nyokap gw jadilah gw langsung ikut undangan dadakan tersebut.

Apa yang membuat gw tertarik untuk nonton acara ini?

1. Gw tertarik melihat Gus Dur berbicara secara langsung. Dan kedatangan gw membuahkan kepuasan karena selain Gus Dur, ada Effendi Ghazali dan Wimar Witoelar juga datang sebagai pembicara.
2. Gw tertarik dengan aktivitas para wartawan yang meliput acara tersebut. Gw melihat kameramen-kameramen dan fotografer-fotografer yang dengan antusias memotret2 Gus Dur yang sedang duduk di mejanya. Stasiun TV yang datang? So far gw melihat Global TV, Metro TV, Bali TV, Trans 7, Trans TV. Hehe.

3. Gw ingin memperluas wawasan gw mengenai politik (?????) walaupun sebenernya gw sendiri nggak yakin bisa benar-benar mengerti politik, karena jujur itu adalah sesuatu yang nggak terlalu membuat gw tertarik (mungkin lebih tepat dibilang gw nggak ngerti), jurusan Ilmu Politik termasuk ke dalam daftar jurusan2 yang tidak ada dalam pilihan gw untuk masuk Perguruan Tinggi. But, hey...! gw adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di mana mata kuliah pengantar Politik adalah wajib diikuti. So... seenggak2nya gw menunjukkan minat terhadap politik, kan? Soalnya... disebut2 juga soal KOMUNIKASI POLITIK dalam pembicaraan tersebut, dan... nama2 UI disebut2 loh! (jangan2 gara2 insiden aksi mahasiswa kemarin??)

Oke. Gw memang nggak ngerti politik, tanya Tammi aja, deh, tuh, yang anak politik. Hehe. Tapi, menonton acara Orasi (yah... anggaplah seperti talkshow) Gus Dur hari ini, gw melihat bahwa Indonesia BENAR-BENAR terdiri dari masyarakat yang beragam. Saat dibuka sesi tanya-jawab, ada orang yang terlihat agamis, ada juga penanya dari Papua, ada juga orang2 yang mengkoar2kan tentang kepentingan rakyat, ada penanya yang juga mencalonkan diri jadi presiden 2009, dan lain2.

Somehow, topik pemilu 2009 dan keberadan golongan putih jadi terangkat dalam pembicaraan, juga isu2 demokrasi. Pada saat berbicara, KH. Abdurrahman Wahid (kayaknya buat gw lebih enak ditulis seperti ini) sering memaparkan sejarah2 Indonesia pada masa2 kerajaan seperti Sriwijaya, Majapahit, dan empu Tantular juga disebut2. Itu menunjukkan bahwa beliau benar-benar menghargai sejarah, sebagai sesuatu yang menarik untuk diperhatikan demi kita membuat masa depan yang lebih baik. Di pelajaran sejarah, Bung Karno juga sempat menyebutkan semboyan JAS MERAH: Jangan Sekali-sekali Melupakan Sejarah. Karena ternyata ketika kita melihat sejarah kerajaan2 tersebut, menunjukkan bahwa sudah sejak dahulu kala manusia2 kita memiliki visi. (mulai dari sini gw nggak tahu harus ngomong apa)

Yang tidak membuat gw tertarik dengan politik adalah, entah kenapa gw merasa bahwa gw lebih suka berkarya dan berbuat sesuatu ketimbang membicarakan permasalahan hanya dalam wacana. Dan dalam acara Orasi Gus Dur hari ini, gw sedikit melihat orang2 yang benar-benar melihat kenyataan dan orang-orang yang hanya berbicara dalam wacana.

Tapi wacana tetap penting, bertindak juga tidak boleh terlalu gegabah.

tegang di samping orang hebat...hehe.

2 comments:

presy__L said...

mmph..tahu deh yg anak komunikasi..haha..biar eksis dikit..
gw aja setengah mati belajar komunikasi bisnis, ini komunikasi politik..
politik indonesia si sebenernya kurang asik ya..cuma klo dateng ke acara gituan sepertinya asik juga buat nambah wawasan yg baru..

senangnya kembali nge-blog lagi.. haha..sibuk ya ??

fiEkHa said...

"politik Indonesia si sebenernya kurang asik ya.. Cuma klo dateng ke acara gituan sepertinya asik juga buat nambah wawasan yg baru"
Kalimat yg pas untuk mgambarkan maksud gw (padahal gw anak kom tp susah nyari kalimat yg tpat) :D
Iya,nih...akhirnya bisa smpet posting... Osjur gw blom slesai, januari baru puncaknya, bò.
Wish us luck!