take it easy, so life will be

Menyadari bahwa saat ini saya hanya ingin membuat hidup saya terasa lebih fun, maka sayalah yang harus membuatnya seperti itu. It's no kidding, you are what you want, you are what you say, you are what you eat, and you are what you be.

09 March 2009

What do you know about smile?




Minggu ini gw mendapat tugas mandiri dari mata kuliah Sistem Sosial Indonesia (terusannya Pengantar Sosiologi) terkait dengan masalah “Kompleksitas Masyarakat Indonesia”. Tiap orang diminta untuk mencari foto terkait dengan kompleksitas baik horizontal maupun vertikal yang terjadi di dalam masyarakat. Kompleksitas horizontal bisa berupa perbedaan etnis, agama, profesi, dll. Sementara kompleksitas vertikal adalah perbedaan kelas sosial, status sosial, jabatan, dll.

Yang mau gw fokuskan di sini adalah saat gw mencari foto untuk kompleksitas vertikal. Gw mencari objek yang menggambarkan (setidaknya) kesenjangan sosial yang ada di sekitar gw. Gw menemukan satu objek yaitu rumah besar bergaya ala Yunani yang dibangun di daerah rumah gw which is adalah daerah rumah kelas menengah ke bawah (it’s honest). Bahkan temen gw yang pernah main ke rumah gw pun melihat kalau rumah besar yang dimaksud itu ‘makan temen’, haha, saking mencoloknya.

FYI, di FISIP UI (nggak tau, deh, mungkin di Fakultas lain juga ada? Atau mungkin di kampuslo?) itu tiap pagi ada anak2 yang menjual koran. Beberapa adalah anak kecil kira2 seusia SD, tapi kalau gw sampai kampus pagi2, maka yang gw temukan adalah anak berseragam SMP sedang menjual koran.

Kalau ada duit, sekali2 gw beli koran sama anak2 tersebut. Akhirnya, dalam bagian dari tugas SSI ini gw dan beberapa temen mau mengambil gambar anak2 tersebut. Sebenernya, gw Cuma mau mengambil gambar ketika salah seorang teman kita membeli koran ke anak2 tersebut, tapi diteruskan dengan kita menawarkan diri untuk memotret anak penjual koran tersebut, lalu apa yang kita dapat?

Inilah senyumnya.

Gw nggak tau apa shutter digicam gw kelewat lambat atau emang begitulah senyum yang anak itu miliki saat ini.

Yeah, what exactly i know about smiles?

No comments: