take it easy, so life will be

Menyadari bahwa saat ini saya hanya ingin membuat hidup saya terasa lebih fun, maka sayalah yang harus membuatnya seperti itu. It's no kidding, you are what you want, you are what you say, you are what you eat, and you are what you be.

16 March 2010

PKP!

Adalah sebuah mata kuliah bernama PKP, Perencanaan Kreatif Periklanan. Sesuai namanya, kita belajar perencanaan kreatif periklanan.

Jadi, dalam suatu agensi iklan (agency) itu ada beberapa divisi kerja, ada bagian Account Executive (AE) yaitu orang-orang yang berhubungan dengan klien. Misal perusahaan Z ingin agenxy X membuat iklan mengenai produknya, nah, si AE alias client service inilah yang menghubungkan antara perusahaan dngan agency.

Berikutnya, ada bagian Media Planning (MP). Gw juga dapet nih matkulnya bernama PMP, Perencanaan Media Periklanan. Urusannya mengurusi segala penempatan media, di mana iklan tersebut akan ditampilkan, media apa (cetak, elektronik, outdoor?), berapa perencanaan harganya, jam berapa aja tayang selama berapa kali, berapa lama nongol di billboard, dll.
Lalu ada juga bagian Creative. Ini dia ke arah mana matkul PKP gw tersebut, dia mengajari kita segala kegiatan yang berkaitan dengan kerjaannya bagian creative di agency iklan. Creative itu punya Creative Director (CD) dan di bawahnya ada Copy Writer dan Art Director (AD), sementara di bawah AD sendiri ada anak-anak desain, grafis, visualizer, dll.

Matkul PKP sejauh ini adalah matkul yang NGGAK PERNAH NGGAK ADA TUGAS. Yep, tiap minggu ada aja tugasnya berasa kagak ada matkul lain yang juga suka ngasih tugas. Dikira seminggu itu kita bener-bener bisa ngerjain tugas PKP (yang emang rada kompleks), paling banyak kita cuma punya 2 hari buat ngerjain. Soalnya ngantri sama tugas2 lainnya.

Tugasnya itu macam membuat Brief iklan, membuat campaign, dan seharusnya itu bukan sesuatu yang sulit, tapi entah kenapa agak abstrak aja dapet ajarannya si dosen. Kayaknya kita agak2 nggak nangkep jadinya pas presentasi ada aja yang salah. Oiya, fyi, tugas ini dikerjain satu kelompok bisa 5-7 orang. And that's what make this assignment more complex to do! Bayangkan beberapa otak saling beradu mengungkapkan "yang gue tangkep itu..." berbeda-beda. Makin lama, deh, jalannya.

Bukan berarti gw nggak menikmati kerja kelompok. Tapi, lama-lama jadi jenuh dikasih tugas ini. Padahal harusnya menarik banget ini kerjaan, kayak mata kuliah Copy Writing aja (yang sama2 SELALU ADA TUGAS tapi gw lebih enjoy ngerjainnya).

Sampe bosen datengin perpus kampus tiap hari buat ngerjain tugas kelompok. Satu-satunya cara kumpul kelompok ya di kampus, di mana lagi? Nah, mungkin itu jadi faktor jenuh juga. Sementara tugas-tugas lain gw bisa dikerjain sejalan sama kegiatan-kegiatan lain, di rumah, sambil mikir sendiri, dll. Gak enak aja stuck dikampus terus, maunya jalaaann...!

Tapi emang terpaksa stuck dikampus. TUGAS BANYAK BANGET! Mamam dah tuh semester empat! Pokoknya semester 5 gue HARUS LEBIH SANTAI, soalnya udah sengaja gw tumpuk semua di semester ini, supaya ke depannya santai.

Amien.

Instead of finishing our assignment, we're webcaming at the library! Hahaha! Fun time with ya'll girls! Introducing: RIRI, ICES, and APRIL. Minus BISKA here (she's on duty :D).



P.S. We still working on our next assignment, it's final assignment before the midtest, and tomorrow morning is our PKP day!!!

P.S. 2. Divisi di agency iklan nggak cuma 3 yang gw sebut di atas, I just mention some of them.

No comments: